god is never dead

Efek Nitrogen Bagi Penyelam

Self Contained Underwater Breathing Apparatus (Scuba) adalah alat selam yang disempurnakan oleh Yves Couteau dan Emile Gagnan pada tahun 1943.

Sebagian ahli penyelaman mengatakan, scuba diving merupakan salah satu aktivitas atau olah raga yang beresiko tinggi baik bagi kesehatan maupun kesehatan pribadi pelakunya. Tentunya bila kegiatan tersebut tidak dilakukan melalui prosedur yang benar. Seorang penyelam harus menjalani pendidikan dan pelatihan terlebih dahulu.

Narcose (Pembiusan oleh Nitrogen) adalah bagian terbesar dari udara yang dihirup oleh manusia. Di permukaan nitrogen merupakan gas lambat (inert gas) dan secara kimia tidak bercampur dalam darah.

Nitrogen melarutkan oksigen dalam campuran udara dan menjadikan udara aman untuk bernapas. Nitrogen diserap dan disimpan dalam tubuh karena inert. Maka dengan inilah alasan utama mengapa penyelam scuba bila muncul ke permukaan harus perlahan.

Sesuai dengan hukum Dalton, tekanan parsial oksigen meningkat saat menyelam. Nitrogen memiliki efek euforia (suasana senang berlebihan) yang meningkatkan kepercayaan diri, dan mengurangi kognisi dan penilaian situasi sehingga menyebabkan teknik menyelam kacau yang bisa fatal bagi penyelam. Biasanya terjadi mulai kedalaman 70- 100 feet tapi setelah kedalaman 100 feet semua penyelam akan mengalami keracunan.

Semakin dalam kita menyelam, tekanan udara akan semakin besar, sehingga semakin banyak jumlah nitrogen yang larut dalam darah. Kenaikan konsentrasi nitrogen dalam darah akan merangsang jaringan syaraf sehingga menimbulkan efek alkohol atau narkotik.

Nah, Helium merupakan salah satu alternatif yang baik untuk mengganti nitrogen karena selain tidak berbau, tidak berwarna, gas helium relatif tidak reaktif secara kimia. Hanya saja helium relatif mahal dan pemakaian yang berkepanjangan akan mengkonsumsi daya panas tubuh kita yang juga akan mengakibatkan gejala pening, rabun dan sebagainya. Namun gejala yang ditimbulkan jauh lebih sedikit dibanding dengan keracunan nitrogen.

7 responses

  1. Ping-balik: Ping Balik Ke sini « Blog Tukang Tulis Ngasal

  2. fransira

    bagus😀

    Maret 18, 2011 pukul 3:06 pm

  3. Ooo, begitu ya… makasih banyak atas infonya ya… Salam kenal dan selamat terus berkarya.

    Maret 19, 2011 pukul 2:59 am

    • YA🙂
      makasih atas kunjungan dan pesannya ..
      salam kenal juga ..

      Maret 19, 2011 pukul 7:21 am

  4. rina

    test ..

    Maret 20, 2011 pukul 7:18 am

  5. Ping-balik: EFEK DARI NITROGEN BAGI PENYELAM | My Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s